JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Implementasi Metode Pembelajaran Interaktif dan Efektif pada Mata Kuliah Keperawatan: Narative Literatur Review

Nurul Khusnul Khotimah (UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Memilih dan menentukan metode yang tepat untuk diterapkan pada Mata kuliah Keperawatan Medikal Bedah (KMB) Progam Studi Keprawatan memerlukan studi yang komprehensif. Narative literature review ini berawal dari permasalahan yang dihadapi peneliti dimana dalam pelaksanaan pembelajaran Mata kuliah Keperawatan Medikal Bedah (KMB) belum menemukan metode-metode yang tepat, efektif. Beberapa metode yang diterapkan peneliti ditemuan terdapat lebih dari 30% mahasiswa yang tidak tuntas hasil belajarnya, sehingga perlu dilakukan pembelajaran remedial. Salah satu metode penelitian yang digunakan adalah Narative literature review. Pertanyaan pengembangan yang digunakan peneliti dalam melakukan Narative literature review disesuaikan dengan tipe review scoping yaitu PCC (Population, Concept dan Context). Berdasarkan artikel yang direview diperoleh bahwa implementasi metode-metode pembelajaran interaktif dan efektif pada mata kuliah kmb program studi keperawatan antara lain: Blended learning, PBL (problem base learning), e-learning, Pure PBL, Hybrid PBL. Penggunaan metode ini disesuaikan dengan kondisi dari tiap-tiap kebutuhan disebuah perguruan tinggi. Diharapkan dosen bisa melakukan modifikasi motode ajar sesuai learning outcome.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...