Penerapan pembelajaran seni tari merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan untuk membentuk mental siswa di kelas III Sekolah Dasar Negeri 10 Sasai Kandang Kecamatan Malalak Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Kumpulan data didapatkan berdasarkan hasil observasi di kelas III serta pemberian angket dan catatan selama berada dilapangan. Dengan mengenalkan dan memberikan pemahaman serta penerapan tentang pembelajaran seni tari tradisional kepada siswa, dapat memupuk dan membentuk sikap mental siswa tersebut, karena masing-masing tarian ini memiliki makna dan arti tersendiri. Dari makna tari yang tersirat inilah akan mempengaruhi bagaimana siswa bersikap, bertindak, dan berperilaku termasuk didalamnya membentuk sikap mental siswa tersebut. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan penerapan pembelajaran seni tari tradisional dapat membentuk sikap mental siswa kelas III SD N 10 sasai Kandang.
Copyrights © 2022