Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Metode Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPA

Nuning Jaryati (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Treny Hera (UNIVERISTAS PGRI PALEMBANG)
Rury Rizhardi (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Picture And Picture terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 7 Muara Telang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dalam bentuk penelitan True Experimental Design dengan desiant pretest-postest control desiant. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN 7 Muara Telang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Purposive . Sampel dari penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV.A dan IV.B yang berjumlah 22 peserta didik. Kelas IV.A sebagai kelas kontrol dan kelas IV.B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Hasil uji Hipotesis menggunakan statistik parametris Uji-t diperoleh dan  2,021. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, hipotesis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran Picture And Picture terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 7 Muara Telang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...