Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Penggunaan Program CABRI 3D Dengan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa

Nurul Ulya (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)
Abdul Aziz (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)
Loviga Denny Pratama (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh program Cabri 3D dengan pendekatan konstruktivisme terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa kelas VIII MTs Pandean. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan populasi kelas VIIIA, VIIIB dan VIIIC dan jumlah sampel sebanyak 54 siswa yaitu kelas VIIIB dan VIIIC yang diambil menggunakan teknik random sampling. Instrument yang digunakan adalah instrument tes pilihan ganda dan isntrumen angket. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan pretest dan posttest yang kemudian dianalisis menggunakan bantuan SPSS versi 22. Hasil pada penelitian ini menunjukka nilai siig > 0,05 yang dapat menunjukka bahwa ditolak dan diterima yang berarti menunjukka bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan Cabri 3D dengan pendekatan kosntruktivisme terhadap pemahaman konsep dan minat belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...