Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Memberikan Penilaian Sikap Siswa Pada Proses Pembelajaran Kurikulum 2013

Mawaddah Mawaddah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rabitha Minfadlih Putri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Andina Halimsyah Rambe (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Siti Rodina Aisah Siregar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Fitria Ananda (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kendala guru dalam memberikan penilaian sikap siswa pada proses pembelajaran kurikulum 2013 di MIS Ikhlasiyah Tuamang. Rancangan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Hal ini karena peneliti menggunakan metode deskriptif. Pendekatan kualitatif ini digunakan untuk mendeskripsikan, menjelaskan, serta menggali hal-hal yang berkaitan dengan penelitian tersebut. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kesulitan guru dalam memberikan penilaian terhadap sikap siswa pada proses pembelajaran yaitu guru kesulitan dalam mengatasi sikap sosial dan spiritual siswa. Untuk mengantisipasi kesulitan dalam penilaian sikap pembelajaran kurikulum 2013, guru melakukan diskusi dengan orang tua siswa, koordinasi dengan guru lainnya, serta bertanya dengan siswa lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...