Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Kesulitan Soal AKM dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Taksonomi Solo

Lifia Sulistiowati (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)
Kustiana Arisanti (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)
Wahyu Lestari (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini menggunakan deskriptif kualiatatif yang digunakan untuk mendeskripsikan adanya kesulitan memecahkan soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang dihadapi oleh siswa SMP Negeri 1 Gading kelas VIII, yang berupa geometri dan pengukuran, relasi dan fungsi, rasio dan proporsi, yang merupakan data dan ketidakpastian. Analisis data ini menggunakan tes tulis soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) dan wawancara. Pengambilan sampel pada teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan sebanyak 5 siswa, karena akan dinilai berdasarkan Taksonomi SOLO. Taksonomi Solo Terdapat 5 macam penilaian, yaitu Prestruktural, Unistruktural, Multistruktural Relasional, dan Extented Abstrak. Cenderung melakukan kesalahan dalam memahami soal, kesalahan dalam konsep dan dalam prinsip merupakan kesalahan pada level prestruktural. Sedangkan pada tingkat unistruktural biasanya melalakukan kesalahan dalam melaksanakan dan meyelesaikan rencana dan kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir. Jika tidak ditemukan kesalahan dalam memecahkan masalah, berarti merupakan subjek pada tingkat relasional dan extented abstrak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...