Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Metode Fun Learning Untuk Meningkatkan Teknik Ingatan dan Hasil Belajar Pada Peserta Didik di SD Negeri Nenas

Ani Ferlina Seko (Institut Agama Kristen Negeri Kupang)
Hendrik A. E. Lao (Institut Agama Kristen Negeri Kupang)
Clemens Kolo (Institut Agama Kristen Negeri Kupang)
Timoteus Ajito (Institut Agama Kristen Negeri Kupang)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan metode fun learning dan teknik ingatan terhadap hasil belajar peserta didik di SD Negeri Nenas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Nenas yang terdiri dari 18 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi tes awal (pretest) yaitu tes sebelum pemberian perlakuan (treatment), dan tes akhir (posttest) terhadap kelas eksperimen setelah di diberi perlakuan yaitu penerapan metode fun learning dan teknik ingatan untuk melihat perbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan diberikan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik inferensial dan dilakukan uji-t menggunakan sofware SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti dalam menggunakan metode fun learning dan teknik ingatan berdasarkan hasil uji-t yang dilakukan diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,00 yang artinya lebih kecil dari ? 0,05. Sedangkan dari skor persentase hasil belajar peserta didik sebelum perlakuan (pretest) diperoleh 3 peserta didik dalam kategori baik dengan persentase 17% kemudian mengalami peningkatan setelah metode fun learning diterapkan hal ini dapat dilihat pada skor persentase setelah perlakuan (posttest) diperoleh 14 peserta didik dalam kategori baik dengan persentase 78%. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode fun learning dalam teknik ingatan (mnemonic device) dapat meningkatkan hasil belajar pada peserta didik di kelas IV SD Negeri Nenas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...