Instructional Development Journal
Vol 4, No 3 (2021): IDJ

Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Teater dalam Membentuk Karakter Siswa dan Meningkatkan Prestasi Ekstrakurikuler Teater di SMKN 1 Pekanbaru

Siti Fatonah (Universitas Riau)
Daviq Chairilsyah (Universitas Riau)
Rr. Sri Kartikowati (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan  manajemen kegiatan ekstrakurikuler teater di SMKN 1 Pekanbaru; 2) mendeskripsikan pembentukan karakter siswa pada manajemen kegiatan ekstrakurikuler teater di SMKN 1 Pekanbaru; dan 3) menganalisis dan mendeskripsikan  prestasi ekstrakurikuler teater pada manajemen kegiatan ekstrakurikuler teater di SMKN 1 Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan telaah dokumen, observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian unsur di sekolah yang dapat dijadikan sebagai sumber data, dalam hal ini Kepala Sekolah, waka kesiswaan, dan pembina teater di SMKN 1 Pekanbaru. Jenis data yang diperoleh berupa data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) manajemen ekstrakurikuler teater di SMKN 1 Pekanbaru meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terlaksana dengan sangat baik dan sistematis merujuk pada permendikbud nomor 81 A tahun 2013; 2) karakter yang terbentuk, yaitu; religius, jujur, disiplin, kreatif, percaya diri, mandiri, kerjasama dan tanggung jawab; dan 3) prestasi ekstrakurikuler teater SMKN 1 Pekanbaru semakin baik dibuktikan dengan banyaknya tanda prestasi berupa piala kejuaraan, penghargaan, juga koneksi dengan masyarakat semakin luas. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa manajemen kegiatan ekstrakurikuler teater di SMKN 1 Pekanbaru dilaksanakan secara optimal dan dapat membentuk karakter siswa serta meningkatkan prestasi ekstrakurikuler teater di SMKN 1 Pekanbaru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...