Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 3 (2022): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Ukuran Penyebaran Data Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar Berdasarkan Teori APOS

Pradana, Achmad Rangga Bagus Ro'uf (Unknown)
Prayito, Muhammad (Unknown)
Albab, Irkham Ulil (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui macam-macam gaya belajar siswa kelas XII di SMA N 14 Semarang dalam proses belajar mengajar dengan pembahasan materi ukuran penyebaran data dan mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa kelas XII di SMA N 14 Semarang mengenai konsep pemahaman materi ukuran penyebaran data berdasarkan Teori APOS, sedangkan sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII, dengan jumlah anak yang telah dipilihkan dari guru-guru yang mengajar mata pelajaran matematika di SMA N 14 Semarang. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dari angket, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data ada beberapa langkah yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) dalam subjek penelitian yang di teliti didapatkan hasil gaya belajar dengan 48% siswa dengan gaya belajar visual, 22% siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 30% siswa dengan gaya belajar kinestetik. (2) Dapat dikatakan bahwa siswa dengan gaya belajar visual sudah memiliki pemahaman konsep yang baik dalam tahap skema dikarenakan siswa yang memiliki gaya belajar visual tidak mudah terdistraksi dengan keramaian. Siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki pemahaman konsep yang cukup dalam tahap aksi dikarenakan siswa memiliki gaya belajar auditorial membutuhkan ketenangan suara serta cenderung sering melakukan diskusi. Siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik memiliki pemahaman konsep yang sudah baik dalam tahap proses, dikarenakan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik cenderung, harus mempraktikkannya kembali ,melakukan eksperimen dari materi yang diberikan oleh guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...