Setiap individu pada dasarnya memiliki potensi kreatif dan pemikiran kreatif kemampuan siswa dapat ditingkatkan. Pemecahan masalah matematika membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, salah satunya dengan pemberian latihan soal dengan tipe masalah terbuka atau open-ended. Melalui mesalah terbuka siswa dapat menyelesaiakan soal dengan cara dan kemampuannya mereka sesuia dengan tingkat kreatifitas siswa itu sendiri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif (TKBK) siswa kelas VIII SMP 3 Tanjung dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi bangun datar segiempat. Subjek utama dalam penelitian ini adalah 6 siswa yang mewakili tingkatan kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengambilan penelitian mengguanakan purposive sampling dan dilakukan dengan cara tes, wawancara. soal tes berbentuk open-ended dengan memperlihatkan 3 indikator berpikir kreatif yaitu, kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Dapat disimpulkan bahwa: penelitian menunujukan tidak adanya siswa yang mencapai TBK 4, TBK 3, dan TBK 2. Sedangkan hanya sedikit siswa yang memiliki tingkat berpikir kreatif kurang kreatif (TBK 1), dan sebagian besar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif sangat rendah (TBK 0).
Copyrights © 2022