Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia
Vol 4, No 2 (2022)

Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan dan Pembuatan Media Pembelajaran Kognitif pada Kegiatan Rutinitas Anak Usia Dini

Fidesrinur Fidesrinur (Universitas Al Azhar Indonesia)
Nila Fitria (Universitas Al Azhar Indonesia)
Zahrina Amelia (Universitas Al Azhar Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 May 2022

Abstract

PAUD Kenanga memiliki 30 murid. Memiliki 1 kepala PAUD yang telah memiliki kualifikasi akademik S1 PAUD dan 4 orang guru yang memiliki kualifikasi akademik SMA. Selama pembelajaran jarak jauh, PAUD Kenanga menyelenggarakan pembelajaran secara bergantian dengan izin dinas Pendidikan kecamatan Larangan. Pembelajaran dilakukan secara online dan offline. Permasalahan yang ditemukan yaitu terbatasnya kompetensi guru PAUD terhadap pembuatan media pembelajaran guna meningkatkan kemampuan kognitif. Solusi yang ditawarkan yaitu  pelatihan dan workshop dengan materi pemanfaatan dan pembuatan media pembelajaran kognitif. Metode yang digunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain pretest- posttest control group design. Dilakukan dengan melakukan pengukuran (pretest) sebelum kegiatan dan (post test) dengan memberikan intervensi. Setelah dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini mulai dari penyuluhan, sosialisasi hingga pendampingan, pengetahuan serta kemampuan guru dalam memanfaatkan serta membuat media pembelajaran untuk anak bertambah. Sehingga guru dapat menerapkan media pembelajaran yang sudah dibuat kepada anak dengan maksimal dan dapat menumbuhkan keaktifan anak dalam melakukan pembelajaran. Kata kunci: Pemanfaatan, Media pembelajaran, Kognitif

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang layanan masyarakat. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia berfokus pada masalah utama dalam pengembangan ilmu bidang layanan ...