Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan
Vol 11, No 1 (2022): Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PENUGASAN, DISKUSI DAN CERAMAH MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA

Utin Desy Susiaty (IKIP PGRI Pontianak)
Hodiyanto Hodiyanto (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belajar yang lebih baik, metode penugasan, diskusi atau ceramah. Penelitian ini merupakan quasi eksperimental dengan populasi seluruh mahasiswa semester VI program studi pendidikan matematika IKIP PGRI Pontianak. Sampel diambil dengan menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mendapatkan nilai Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Teori Peluang tahun akademik 2016/2017 sebagai data kemampuan awal dan metode tes untuk data hasil belajar matematika mahasiswa. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang diberikan pembelajaran dengan metode penugasan, diskusi maupun ceramah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pena Kreatif merupakan jurnal pendidikan yang akan menerbitkan hasil penelitian dosen maupun guru. Jurnal pene Kreatif akan diterbitkan dua jenis terbitan: (1) Media Cetak, (2) Elekronik/online Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan menerbitkan artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di ...