Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 1 (2022): Januari-Juni 2022

PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN QR CODE

Rizqy Aries Nurhanifah (Unknown)
Lisa Virdinarti Putra (Universitas Ngudi Waluyo)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan literasi informasi siswa SD Negeri Tuntang 03 dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan literasi informasi dengan model problem based learning berbasis kontekstual menggunakan QR Code. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Negeri Tuntang 03, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri Tuntang 03. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan literasi informasi siswa dengan model PBL berbasis kontekstual menggunakan QR Code. Dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen. Rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen adalah 25,79 dan 92,58. Hasil observasi keterampilan literasi informasi sebelum perlakuan sebesar 34,65% (cukup), sedangkah setelah perlakuan sebesar 85% (sangat baik).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...