Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 12, No 1 (2021): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan

PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 114344 BLOK III TANJUNG PASIR TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Loren Sarima Sitorus (Unknown)
Reflina Sinaga (Unknown)
Patri Janson Silaban (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Abstrak : Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 114344 Blok III Tanjung Pasir Tahun Pembelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 114344 Blok III Tanjung Pasir yang berjumlah 40 siswa. Sampelnya kelas IV SD berjumlah 40 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan Statistic Program For Social Science (SPSS) versi 22.0. dari hasil penelitian yang telah ditemukan dapat disimpulkan : pendidikan karakter memiliki rata-rata 83,82 dengan kategori sangat tinggi, hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata 68,97 dengan kategori kurang. Dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung  sebesar 2,104 dan ttabel  sebesar 1,683 karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 114344 Blok III Tanjung Pasir Tahun Pembelajaran 2020/2021.                                                                                                                                                Kata Kunci : Pendidikan Karakter, dan Hasil Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...