AbstrakMasa pandemi covid dapat membuat siswa menjadi jenuh dan bosan dalam pembelajaran yang diberikan guru karena kurang adanya pemahaman materi yang disampaikan sehingga menyebabkan rendahnya disiplin belajar pada diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif berupa pre experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design dengan populasi 30 orang siswa kelas X TBSM SMK Negeri 1 Talangpadang dan sampel penelitan 12 siswa. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Tujuan penelitian untuk meningkatkan disiplin belajar siswa yang rendah. Hasil penelitian diperoleh Z hitung sebesar 3,063 Z tabel 1,96 dan nilai (sig) sebesar 0,002 0,05. diperoleh rata-rata skor pretest 73 dan posttest 126,2. Berdasarkan penghitungan skor menunjukkan terjadinya peningkatan rata-rata skor sebelum dan sesudah diberikan layanan berupa rasional emotif terapi dengan selisih rata-rata 53,2. Dengan demikian  dapat disimpulkan bahwa teknik rasional emotif terapi efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa pada masa covid.Kata Kunci : Disiplin Belajar, masa pandemic covid, Konseling Kelompok, Rasional Emotif Terapi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022