J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2022): J-PiMat

Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa/i SMK Nusantara Indah Sintang

M.Pd, Andri (Unknown)
Orikin, Lilis (Unknown)
Romet, Wenseslaus Tiobala (Unknown)
Parman, Kusnadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Pembelajaran daring merupakan solusi pembelajaran ketika masa pandemi covid-19. Tanpa terkecuali SMK Nusantara Indah Sintang yang juga menggunakan sistem pembelajaran daring dengan memanfaatkan sarana online, seperti google meet, whatsapp group, zoom dan media aplikasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran daring bagi hasil belajar siswa di saat pandemi covid-19 di kelas X TKJ. Riset  ini memakai penelitian huantitatif. Penelitian kuantitatif ini bersifat deskritif memakai analisis data primer dengan menyebarkan angket melalui google form secara online dan analisis data sekunder dengan pengambilan data dokumentasi yaitu nilai UAS. Riset ini memakai sampel yang diambil secara acak siswa kelas X TKJ sebanyak 20 peserta didk. Teknik analisis data adalah antara lain, 1. Analisis butir soal yang meliputi uji validitas dan reabilitas; 2.Analisis hasil belajar murid yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji t (hipotesis). Hasil riset menunjukan jika hasil hasil uji t mendapat t-hitung sejumlah 20 orang dengan sig maka nilai t-tabel dengan taraf kepercayaan 95% (a=0.05) adalah hingga H0 ditolak dan H1 diterima dan dinyatakan adanya dampak pembelajaran daring terhadap hasil belajar murid pada mata pelajaran matematika di SMK Nusantara Indah Sintang

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...