J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2022): J-PiMat

INTERVENSI PADA SISWA DENGAN KESULITAN BELAJAR DISKALKULIA

jalal, novita maulidya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Kesulitan belajar matematika akibat diskalkulia hingga hari ini masih belum banyak diketahui penanganan atau intervensinya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penanganan atau intervensi yang dapat diberikan kepada siswa yang mengalami diskalkulia. Metode penelitian yang dilakukan yakni metode kepustakaan atau library research. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakana data sekunder. Tahap penelitian yang dilakukan yakni mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yakni memberikan bimbingan belajar individual, memberikan braingym, pemberian soal secara bertahap dan berkelanjutan, model psikoedukasi,  model  kognitif,  model  medis,  model  neuropsikologis  dan  model  kognitif, serta pengembangan media gambar terhadap diskalkulia di sekolah dasar.Kata Kunci: intervensi, kesulitan belajar, diskalkulia

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...