CERMIN: Jurnal Penelitian
Vol 6 No 1 (2022): JULI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI MIS ISLAMIYAH SUNGGAL

Sedya Santosa (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Septi Lastri Siregar (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar matematika siswa kelas VI dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional (2) Hasil belajar matematika siswa kelas VI dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MIS Islamiyah Sunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, serta teknik analisis data dengan menggunakan analisis inferensial (uji normalitas, uji wilcoxon, dan uji Mann-Whitney). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 57 siswa, yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Konvensional sebesar 75,92593. (2) Hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Example Non Example memperoleh sebesar 84,8333. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI di MIS Islamiyah Sunggal. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney yaitu Zhitung sebesar 2,142 dengan nilai Sig. 0,0032. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari = 0,05 sehingga Ha diterima. Simpulan dalam penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cermin_unars

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Fokus dalam Jurnal Cermin mencakup studi secara umum dari berbagai bidang ilmu. Ruang Lingkup artikel pada Jurnal Cermin terkait Ekonomi, Sosial dan Politik, Sastra, Bahasa, Pendidikan, Pertanian, Hukum, dan Teknik. Penulis diijinkan dari segala kalangan mahasiswa, dosen, pendidik, dan peneliti ...