Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2022)

Analisis Cluttering (Gangguan Irama Bicara) pada Remaja Usia 20 Tahun

Oktaviansyah, Farizal (Unknown)
Putra, Dona Aji Karunia (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk dan faktor-faktor penyebab gangguan irama bicara yang dialami oleh remaja berusia 20 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tekniktes, simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada tes membaca, Hl mengalami gangguan irama yang “cepat” dengan dengan artikulasi yang “kurang jelas” dan gangguan fonologis berupa substitusi fonem. Pada wawancara, irama berbicara Hl masih tergolong “cepat” dan artikulasinya pun juga “kurang jelas” sehingga muncul gangguan sintaksis berupa kesulitan menyusun urutan kata secara tepat. Faktor-faktor yang membuat Hl mengalami gangguan irama bicara ialah kurangnya frekuensi berbicara dan berkomunikasi. Faktor internal atau psikologis yang membuat Hl kesulitan berbicara adalah rasa tidak percaya diri atau grogi sehingga membuatnya terburu-buru dalam menyelesaikan tuturannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...