Dalam era modern saat ini, proses pembelajaran Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKA) – Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al Iman masih berlangsung walaupun di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang belum selesai. TKA-TPA Al-Iman dalam menjalankan aktivitasnya masih dilakukan dengan pola standar di mana keberadaan ustadz dan santri akan berinteraksi dengan santri. Pertemuan di masa pandemi ini dilakukan blended dengan langsung tatap muka dan penugasan kepada santri. Permasalahan yang dialami adalah manajemen TKA-TPA masih dilakukan dengan pola pencatatan manual baik untuk rekap capaian pembelajaran berupa kenaikan jilid Iqro, hafalan maupun dalam aktivitas membaca Al Quran. Pencatatan manual lain adalah pada beberapa proses di antaranya pembayaran iuran, pencatatan infak santri, transport untuk ustadz dan item pembayaran lainnya. Proses ini sangat tidak menarik di mana perkembangan teknologi informasi yang pesat seharusnya memudahkan kerja manajemen dan bisa melihat laporan rekap data yang cepat untuk mendukung keputusan dalam memajukan kegiatan TKA-TPA. Solusi yang ingin dicapai adalah adanya Sistem Informasi (SI) dalam melakukan manajemen untuk memudahkan proses akademik dan pencatatan transaksi keuangan demi majunya TKA-TPA sebagai pilar dasar pendidikan generasi Qurani. Dengan adanya SI TKA-TPA akan meningkatkan manajemen dan ikut berkontribusi dalam pengelolaan TKA-TPA, sehingga akan mampu memperbaiki bekal generasi yang lebih cerdas baik dalam agama dan akhlak budi pekerti.
Copyrights © 2022