Belajar termasuk faktor yang mensugesti dan sangat berperan krusial pada pembentukan langsung individu. Melalui proses belajar terjadilah sebuah komunikasi, transfer pengetahuan dan nilai. Akan tetapi semenjak virus covid-19 menyerang dunia proses belajar menjadi terhambat. Dengan munculnya kasus tersebut, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk melakukan kegiatan belajar secara online. Namun dengan adanya pembelajaran secara online ini sangat berdampak pada minat belajar siswa, yakni turunnya minat belajar para siswa dikarenakan kesulitan dalam memahami pelajaran dan mengerjakan soal-soal latihan. Selain itu koneksi internet menjadi masalah yang dihadapi murid ketika proses belajar daring. Penelitian ini bertujuan menciptakan software media pembelajaran yang mampu membantu mempermudah para murid dalam proses belajar khususnya ketika mengisi latihan soal pelajaran yang dibuat sesuai dengan kurikulum 2013. Metode yang dipakai pada pembuatan aplikasi ini adalah jenis Research and Development karena metode ini merupakan jenis metode penelitian yang paling banyak digunakan untuk menghasilkan software terkait dengan bahan latihan guru, materi maupun media belajar lainnya. Berdasarkan uji lapangan yang melibatkan 30 siswa dan 10 guru diperoleh hasil nilai Siswa sebesar 80,45 % dan oleh Guru sebesar 84,78 % dengan kriteria "sangat baik".
Copyrights © 2022