Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik
Vol 9 No 2 (2022): Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PUBLIK DI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KOTA BANDUNG

Linda Herawati (Politeknik Piksi Ganesha, Bandung, Indonesia)
Nidia Fadhila (Politeknik Piksi Ganesha, Bandung)
Mira Veranita (Politeknik Piksi Ganesha, Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan publik di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bandung. Metode yang digunakan pendekatan kuantitatif serta uji regresi linear berganda dengan menggunakan perangkat SPSS V.26 dengan mengambil sample publik yang pernah merasakan pelayanan di Bakesbangpol sebanyak 70 orang. Survei yang dilakukan melalui kuesioner menggunakan Googleform untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) bentuk fisik tidak berpengaruh signifikan pada kepuasan publik;2) realibilitas berpengaruh sigifikan pada kepuasan publik, 3) daya tanggap berpengaruh signifikan pada kepuasan publik;4) jaminan tidak berpengaruh signifikan pada kepuasan publik; dan 5) empati tidak berpengaruh signifikan pada kepuasan publik. Hasil uji simultan diperoleh Fhitung 239,291> Ftabel 3,98 terhadap kepuasan publik dan hasil uji koefisien memperoleh hasil R square 0,779 yang berarti kepuasan publik dipengaruhi oleh kualitas pelayanan sebesar 77,9%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PUBLIK

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik terbit 6 bulan sekali yaitu pada Juni dan Desember. Diterbitkan oleh P3M Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna ...