Chemistry Education Practice
Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi Mei

Pengembangan E-LKPD Larutan Asam Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Dwiki Meila Rosa (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Wildan Wildan (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Saprizal Hadisaputra (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Baiq Fara Dwirani Sofia (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian pengembangan (Research and Development) ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD larutan asam basa berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian sebanyak 173 siswa dan jumlah sampel sebanyak 30 siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Narmada dengan teknik purposive sampling. Model pengembangan yang digunakan adalah  model Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan, yaitu studi pendahuluan, pengembangan perancangan model, dan tahap validasi produk. Tingkat kelayakan E-LKPD divalidasi oleh 3 (tiga) validator dengan hasil 0,89 dan termasuk kategori sangat layak. Tingkat kepraktisan E-LKPD dengan hasil 81% yang termasuk kategori sangat praktis. Sementara itu, E-LKPD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan yang ditunjukkan dengan hasil uji t (thitung = 3,815 > ttabel = 2,045). E-LKPD yang dihasilkan layak dan praktis dipergunakan untuk meningkatkan motivasi belajar kimia di SMA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...