Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 6 No 1 (2022): JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA AL QALASADI

Hubungan Kemandirian Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Fariz Maulana (Unknown)
Heni Pujiastuti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemandirian belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Pendidikan merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan. Termasuk dalam hal pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran sangat ditentukan oleh karakteristik siswa. karakteristik setiap siswa berbeda baik tentang belajar mandiri maupun disiplin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dirancang dengan populasi penelitian yaitu siswa kelas XI SMKN 2 Kabupaten Tangerang. Cluster random sampling digunakan untuk pengambilan sampel. Digunakan satu kelas sebagai sampel untuk mengumpulkan data survei siswa dan hasil ulangan harian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, terdapat hubungan antara kemandirian dan disiplin siswa terhadap hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...