PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2022): EDISI APRIL 2022

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X IPA SMAN 8 KOTA JAMBI

Debora Simbolon, Ferina (Unknown)
Harman, Harman (Unknown)
Yarmayani, Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Data penelitian dikumpulkan dengan pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa soal uraian dan wawancara. Data dianalisis dengan model interaktif menurut Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Berdasarkan penelitian, Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari 2 subjek dalam penelitian ini terdapat 1 siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi dan tedapat 1 siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah. Subjek dengan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi yaitu subjek yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi, hal ini terlihat dari lembar jawaban subjek yang sistematis dan sesuai dengan indikator pemecahan masalah, kemudian terlihat juga dalam lembar wawancara yang sesuai dengan berdasarkan langkah pemecahan masalah. Sedangkan subjek dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah yaitu subjek subjek yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah, hal ini terlihat dari lembar jawaban subjek yang belum mampu menyelesaikan sesuai dengan indikator pemecahan masalah, kemudian terlihat juga dalam lembar wawancara yang belum sesuai dengan berdasarkan langkah pemecahan masalah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...