PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2022): EDISI APRIL 2022

PENGARUH MID (MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN) DAN SELF EFFICACY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Nur Ana, Sri (Unknown)
Istihana, Istihana (Unknown)
Andriani, Siska (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan model pembelajaran MID (Meaningful Instructional Design) dan Self Efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Quasi Experimental Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Al-Huda Jati Agung pada semester genap. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 2 kelas yang dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling, kelas pertama sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran MID dan kelas kedua sebagai kelas kontrol dengan perlakuan pembelajaran konvensional. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji Anava Dua Arah. Menurut hasil analisis, pengaruh model pembelajaran MID lebih efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Selain itu, diperoleh hasil bahwa terdapat interaksi antara model pembeljaaran MID dengan Self Efficacy terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Model pembelajaran MID ini bisa menjadikan suasana belajar jadi lebih aktif dan menyenangkan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model MID dan Sel Efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...