Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir analisis siswa SMP dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan yang memiliki kemampuan kognitif setara, dalam menyelesaikan soal IPA. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif jenis fenomenologi. Subjek penelitian adalah satu orang siswa laki-laki dan satu orang siswa perempuan kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) profil keterampilan berpikir analisis siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal IPA berkategori baik untuk indikator membedakan dan mengelompokkan, serta berkategori sangat baik untuk indikator mengatribusi, sedangkan 2) profil keterampilan berpikir analisis siswa perempuan dalam menyelesaikan soal IPA berkategori kurang baik untuk indikator membedakan dan mengelompokkan serta berkategori sangat baik untuk indikator mengatribusi. Penelitian yang dilakukan fokus pada gender untuk mengungkap profil keterampilan berpikir analisis siswa, penelitian selanjutnya diharapkan melakukan peninjauan dari sudut pandang lainnya, misalnya gaya belajar, kemampuan kognitif, dan sebagainya sehingga akan semakin memperdalam analisis penelitian.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022