Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 2 (2022): April-June

Dongeng Kancil dan Buaya Sebagai Stimulasi Keterampilan Berbicara Anak Usia 8-9 Tahun

Khoirunnisa Khoirunnisa (Universitas Muria Kudus)
Mohammad Kanzunnudin (Universitas Muria Kudus)
Nur Fajrie (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang persepsi anak terhadap cerita dongeng yang ditinjau dari keterampilan berbicara anak di Desa Karanganyar Rw 05 usia 8-9 tahun. Penelitian membahas tentang bagaimana keterampilan berbicara anak dalam menyampaikan apa yang diamati melalui indera yang dimiliki. Faktor percaya diri yang sangat berpengaruh dalam keterapilan berbicara anak. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif studi kasus yang dilaksanakan di Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Subjek penelitian 6 anak yang terdiri dari 3 laki-laki dan 3 perempuan. Penelitian ini menggunkan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara sebagian anak di Desa Karanganyar Rw 05 masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu kurang rasa percaya diri sehingga menyebabkan anak menjadi gugup dan mengulang-ulang kata dalam menyampaikan pendapat kepada orang lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...