Kepuasaan dosen dalam pembelajaran online diyakini sebagai indikator penting dalam kualitas pembelajaaran daring. Namun sayangnya, belum banyak instrumen yang dikembangkan secara khusus untuk mengungkap konstruk tersebut, apalagi yang berbahasa Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengadaptasi dan menguji validitas serta reliabilitas Online Faculty Satisfaction Survey (OFSS) pada konteks Indonesia. Terdapat 73 dosen (laki-laki=41, perempuan=32) dengan usia rata-rata 36,71 tahun, SD: 8.10 dari berbagai kampus yang ada di Indonesia terlibat dalam studi ini. Selain the Online Faculty Satisfaction Survey (OFSS), alat ukur yang digunakan untuk menguji validitas konvergen OFSS adalah Satisfaction with Life Scale (SWLS). Analisis korelasi serta cronbach alpha digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas OFSS yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menemukan, dari 28 item yang ada dalam OFSS, 5 item gugur dalam pengujian. Nilai koefisien korelasi OFSS versi indonesia menggunakan corrected-item total correlation (CITC) bergerak dari 0.305-0.741. Untuk reliabilitas bergerak dari 0.891-0.901 dengan nilai reliabilitas keseluruhan OFSS sebesar 0.901. Uji validitas konvergen menunjukkan bahwa OFSS berkorelasi positif dengan SWLS (r = 0.288, p < 0.05). Dengan hasil tersebut maka dapat dinyatakan bahwa OFSS versi Indonesia yang berjumlah 23 item merupakan alat ukur kepuasaan dosen dalam pembelajaran online yang valid dan reliabel.
Copyrights © 2022