Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 2b (2022): Juni

Profil Kemampuan Literasi Dasar Peserta Didik Kelas IV di SDN Mentokan Tahun Ajaran 2021/2022

Isnawati Safitri (Universitas Mataram)
Nurhasanah Nurhasanah (Universitas Mataram)
Heri Setiawan (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
14 May 2022

Abstract

Literasi merupakan kemampuan dasar yang perlu dikuasai oleh peserta didik untuk melanjutkan pembelajaran ke tahap berikutnya yang harus dimilki sejak dini. Dengan pentingnya kemampuan literasi bagi peserta didik sejak dini maka Inovasi mengeluarkan program semua anak cerdas untuk mengembangkan keterampilan literasi dan numerasi peserta didik pada kelas awal khususnya yang masih mempunyai hambatan dalam pembelajaran. Dengan adanya program semua anak cerdas bagaimanakah profil kemampuan literasi dasar peserta didik? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan literasi dasar dan faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi dasar peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada salah satu sekolah dasar negeri di kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penilaian awal terdapat 1 peserta didik pada level huruf,  9 peserta didik pada level kata, 8 peserta didik pada level paragraf, dan 2 peserta didik pada level cerita 2. Sedangkan pada penilaian akhir terdapat 2 peserta didik pada level huruf, 2 peserta didik pada level kata, 10 peserta didik pada level paragraf, 4 peserta didik pada level cerita 1 dan 2 peserta didik pada level cerita 2. Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi dasar peserta didik yaitu adanya buku bacaan yang menarik. Berdasarkan penilaian akhir dapat disimpulkan bahwa dari 20 peserta didik, 16 peserta didik yang kemampuan membacanya sudah berada pada level paragraf, level cerita 1, dan level cerita 2 sehingga dapat dikatakan peserta didik memiliki kemampuan literasi yang cukup baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...