Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 2c (2022): Juni

Tingkat Keefektifan Pembelajaran Online bagi Siswa Sekolah Dasar

Nashruddin Nashruddin (STKIP Muhammadiyah Barru)
Wahyuddin Rauf (STKIP Muhammadiyah Barru)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2022

Abstract

Pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia telah menimbulkan banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satu perubahan tersebut adalah sistem pembelajaran konvensional dengan tatap muka langsung menjadi sistem pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media berbasis internet (pembelajaran online). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji lebih dalam tentang tingkat keefektifan pembelajaran online bagi siswa sekolah dasar, dan (2) memberikan solusi atas permasalahan yang muncul dalam pembelajaran online tersebut agar proses dan hasil belajar mengajar dapat menjadi lebih baik. Penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi ini difokuskan pada proses belajar mengajar pada SDI Mannuruki kota Makassar, dengan mengambil sampel sebanyak 30 siswa sebagai partisipan. Wawancara dan observasi dilakukan untuk memperoleh data. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa dengan kelebihan dan kekurangannya, pembelajaran online kurang efektif untuk diterapkan kepada siswa sekolah dasar. Untuk itu, sebagai solusi dari permasalahan dalam pembelajaran online bagi siswa sekolah dasar, peran orang tua untuk mendampingi dan mengawasi anak-anak mereka dalam melakukan pembelajaran online sangat diperlukan agar proses dan hasil belajar menjadi lebih baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...