Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang profil kemampuan numerasi dasar siswa sekolah dasar di SDN Mentokan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitattif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa SDN Mentokan yang berjumlah 77 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan 31 dari 77 siswa berada pada level 4 dengan persentase sebesar 40,25%. Sedangkan 32,46% lainnya berada pada level 3 dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Kemudian 18 siswa lainnya berada pada level 2 dengan jumlah persentase sebesar 23,37%. Dan 3 siswa sisanya berada pada level 1 dengan jumlah persentase sebesar 3,89%. Kemampuan numerasi dasar siswa SDN Mentokan dominan berada pada level 4 sebanyak 31 siswa dengan persentase terbesar yaitu 40,25%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan numerasi dasar siswa masih sangat perlu untuk ditingkatkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan cara melakukan pembelajran numerasi dasar berbasis level kemampuan.
Copyrights © 2022