MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 5 No 1 (2022)

Profil Perkembangan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 02 Sastrodirjan

Ikhsanul Amaliah (Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia)
Rahmat Rais (Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia)
Siti Fatonah (Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Berdasarkan latar belakang pada penelitian ini terdapat masalah terhadap kemampuan membaca permulaan siswa yang masih mengeja huruf dan belum digunakannya model dan media pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 02 Sastrodirjan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunkaan teknik yang terdiri dari wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi atau gabungan. Teknik analisis data dala penelitian ini menggunakan redaksi data, penyajian data, dan Verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkambangan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 02 Sastrodirjan masih rendah yang disebabkan salah satunya oleh faktor kurangnya perhatian orang tua. Dalam mengatasi masalah ini, guru perlu menggunakan model dan media pembelajaran dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

madrosatuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal MADROSATUNA adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel asli tentang pengetahuan terbaru, penelitian, atau penelitian dan pengembangan terapan lainnya di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Sejak 2018 jurnal ini telah diterbitkan secara teratur dua kali setahun (Juli dan Desember). ...