Indonesian Journal of Teaching and Teacher Education
Volume 2, No 1 (2022): January - June

Implementasi Pendekatan Inkuiri dalam Meningkatkan Ketuntasan Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Bagi Siswa SMP Negeri 4 Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya

Marwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini membahas tentang metode pembelajaran pada bidang matematika dengan pendekatan inkuiri di SMP 4 Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya. Inkuiri bertujuan untuk melihat keberhasilan belajar siswa pada bidang matematika sesuai dengan target yang direncanakan. Sedangkan untuk metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan juga observasi yang dilakukan kepada siswa kelas VIII SMP 4 Setia Bakti . Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa metode inkuiri pada bidang matematika memberikan dampak pada guru dalam mengelola pembelajaran inkuiri sebagai upaya mencapai ketuntasan belajar matematika selama tiga siklus mengalami peningkatan dari siklus I, siklus II, dan siklus III dengan kategori baik. Selain itu, selama pembelajaran selama tiga siklus secara umum mengalami peningkatan dari segi (1) aktivitas siswa selama pembelajaran selama tiga siklus secara umum mengalami peningkatan;(2) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I ke siklus II meningkat menjadi dan pada siklus III sedikit menurun tapi penurunan ini tidak signifikan karena KKM telah tercapai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijtte

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Indonesian Journal of Teaching and Teacher Education (IJTTE) is a scholarly periodical. IJTTE publishes research papers, conceptual papers, and case study reports. Article manuscripts are published after a thorough peer-review process. The journal publication is maintained by the Pencerah, Meulaboh, ...