Salah satu dari banyak hal yang mungkin mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam hidup adalah orang itu sendiri. Tingkat kepercayaan diri berkembang menjadi masalah yang menghalangi orang untuk terlibat dalam kegiatan belajar sosial dan akademik. Dilihat dari hasil penyebaran instrument kepercayaan diri kepada siswa kelas Perhotelan didapatkan bahwa kepercayaan diri yang dimiliki oleh siswa masih ternilai rendah. Ini mungkin terjadi ketika anak-anak berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan sambil menunjukkan tanda-tanda kecemasan, atau rasa malu, untuk bertanya atau menjawab pertanyaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas media Canva dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa pada 10 siswa yang terpilih dari 36 siswa di kelas Perhotelan SMKN 70 Jakarta . Digunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pre test-Post test design dan pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. untuk uji validitas, peneliti memakai korelasi pearson product moment sejumlah 42 pernyataan angket pengambilan keputusan dengan 32 pernyataan yang valid. Sedangkan pada uji reliabilitas dengan memakai rumus alpha cronbach mendapatkan rhitung = 0,915 > rtabel 0,60 maka data tersebut sangat reliabel. Pada hasil pre test diperoleh nilai mean =58,4 dan pada post test diperoleh nilai mean = 86,5. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa ditemukan perbedaan hasil antara sebelum dan sesudah diberikan treatment. Ini menggambarkan bahwa penggunaan media canva dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa
Copyrights © 2022