RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 8, No 2 (2022)

KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI COPING STRESS

Osi Hawasi (University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Cici Yulia (University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Ahmad Yunus (Universiti Sains Islam Malaysia)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena banyaknya siswa yang mengalami berbagai masalah berupa tekanan, konflik yang tidak dapat di entaskan karena siswa kurang memiliki strategi coping stress. Strategi coping stress yaitu suatu upaya atau usaha yang dilakukan individu untuk mengentaskan masalah yang berhubungan dengan stress. Untuk meningkatkan kemampuan siswa mengenai strategi coping stress bisa melalui pemberian layanan Bimbingan dan Konseling. Bimbingan dan Konseling ialah pemberian bantuan yang diberikan oleh guru BK kepada siswa untuk memabantu dalam memecahkan masalah serta menjadikan siswa mandiri. Untuk memberikan layanan yang maksimal maka guru BK harus menggunakan media sehingga siswa mudah mengerti materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan media ular tangga untuk meningkatkan strategi coping stress siswa. Hasil penelitian ini di awali dengan pengolahan data untuk uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment  dengan rhitung lebih besar dari rtabel dan uji reliabilitas menggunakan uji alpha Cronbach dengan memperoleh hasil 0,897 yang berklasifikasi tinggi. Uji coba media ular tangga mendapatkan rata-rata pada pretest 72,5 dan posttest mendapatkan rata-rata 100 hal tersebut menunjukan adanya peningkatakan cara pandang sebelum menggunakan media ular tangga dan setelah menggunakan media ular tangga sehingga dinyatakan memberikan pengaruh

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...