Penelitian ini dilakukan karena masih ditemukannya kesulitan siswa pada pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam penggunaan isim isyarah (kata tunjuk). Dalam teorinya para siswi mampu menyebutkan isim isyarah, akan tetapi masih ditemukan beberapa kesalahan ketika dilakukan tes tulis, kesalahan itu diantaranya adalah siswi masih kesulitan memahami materi isim isyarah sehingga sulit membedakan isim isyarah berdasarkan jumlah dan jenisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswi dalam penggunaan isim isyarah dalam pembelajaran bahasa Arab serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan bahasa Arab, khususnya penggunaan isim isyarah dalam pembelajaran bahasa Arab siswi kelas VIII G MTs Darul Huffaz Pesawaran. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Darul Huffaz Pesawaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, kuisioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswi kelas VIII G dalam penggunaan isim isyarah masih sangat kurang, hal ini dipengaruhi juga oleh faktor internal yaitu berasal dari kesehatan badan saat mengikuti proses pembelajaran dan sifat malu bertanya, hal ini bisa dilihat dari sikap siswi di dalam kelas ketika pelajaran berlangsung, siswi tidak berusaha bertanya hal-hal terkait materi yang tidak difahaminya, dan faktor eksternal yaitu metode yang digunakan guru yang digunakan secara terus-menerus yang mungkin saja membuat siswi merasa bosan ketika KBM berlangsung, dan dalam penggunaan media pembelajaran, guru bahasa Arab hanya sesekali saja menggunakannya seperti LCD proyektor. Kata Kunci: Isim Isyarah (Kata tunjuk), Pembelajaran Bahasa Arab
Copyrights © 2022