Penyelenggaraan pendidikan tidak akan terlepas dari adanya pendidikan formal yaitu sekolah. Sekolah merupakan tempat mendapatkan ilmu pengetahuan dengan dibimbing oleh guru atau tenaga pendidik. Masalah utama dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ialah peranan dan cara guru secara tepat dalam meningkatkan keaktifan siswa pada saat penyampaian materi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pada proses pelaksaan kegiatan belajar mengajar Pendidikan Kewarganegaraan masih terkesan sangat kaku, kurang fleksibel, kurang demokratis, dan guru lebih dominan daripada siswa. Masalah yang dialami setiap pembelajaran memang amat kompleks. Atas hal tersebut penulis tertarik untuk meneliti tentang peranan dan cara-cara yang dilakukan guru dalam pembelajaran PKn. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktirptif. penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan teknik yaitu secara Non Probability Sampling (Purposive sampling), Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuisioner dan wawancara. hasil yang didapat pada penelitian ini diantaranya (1) Peranan guru sebagai pengajar meliputi peranan guru sebagai fasilitator dan mediator. Sedangkan peranan guru sebagai pendidik berperan sebagai motivator dan pengarah. (2) Dalam proses pembelajarannya guru menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning
Copyrights © 2022