AbstrakPembatasan sosial sebagai bentuk pencegahan dari menularnya pandemi Covid-19 pada masyarakat menyebabkan kelumpuhan pada berbagai aspek terutama ekonomi. Aspek penting yang terpengaruh dampak dari pandemi Covid-19 yaitu UMKM. UMKM menjadi salah satu tulang punggung dari perekonomian nasional karena penyerapan tenaga kerja serta kontribusinya nya dalam GDP. UMKM cenderung mengalami keterpurukan karena memiliki ketahanan dan fleksibilitas yang rendah terhadap ancaman pandemi. Solusi yang dapat diterapkan untuk menjaga eksistensi UMKM yaitu melakukan pergeseran pemasaran dan promosi melalui digital marketing. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, pelaku UMKM didampingi untuk melakukan pergeseran pemasaran di era digital. Kegiatan pengabdian dilakukan di Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi pada tanggal 11 Agustus hingga 9 September 2021. Sasaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu salah satu pemilik UMKM kue di Desa Grajagan yang mengalami penurunan penjualan akibat pandemi Covid-19. Tahapan kegiatan dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu adanya perluasan jangkauan pemasaran serta peningkatan jumlah penjualan produk.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022