Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 2 (2022): Mei

Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Tingkah Laku Berprestasi Siswa Kelas V SDN Gugus I Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022

Rini Fakhriani (Unknown)
I Nyoman Karma (Unknown)
Abdul Kadir Jaelani (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap tingkah laku berprestasi siswa SD di Kecamatan Praya Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Ex Post Facto tipe Causal Comparative Research. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 174 yang sudah menerapkan kurikulun 2013 di Gugus 1 Kecamatan Praya Timur. Sampel yang digunakan sebanyak 88 siswa dengan teknik random sampling. Dengan sistem undian data menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial. Hasil uji Anova satu jalur penelitian menunjukkan bahwa jawaban siswa terkait dengan penerapan bimbingan belajar yang di gunakan guru sebesar 65% siswa menjawab dengan baik, 18% siswa menjawab dengan sangat baik, dan 17% siswa menjawab dengan cukup baik. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa 22% siswa kelas V SD mempunyai tingkah laku berprestasi yang sangat baik, 81% diantaranya memiliki tingkah laku berprestasi yang baik, dan 1% siswa mempunyai tingkah laku berprestasi yang cukup baik. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa Fhitung (0,430) > Ftabel (0,138), dengan taraf kesalahan sebesar 0,05 dan N = 142. Sedangkan besar pengaruh bimbingan belajar terhadap tingkah laku berprestasi sebesar 18,4%. Hasil yang dicapai mengindikasikan adanya pengaruh signifikan yang menunjukkan bahwa semakin tinggi penerapan bimbingan belajar maka semakin tinggi pula tingkah laku berprestasi siswa SD di Kecamatan Praya Timur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...