Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan numerasi, (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan numerasi, dan (3) mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan numerasi pada siswa kelas V SDN Gugus 5 Desa Setiling Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus 5 Desa Setiling yang berjumlah 141 orang dan sampel penelitian berjumlah 104 siswa. Data kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan instrument berebntuk kuesioner (angket). Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan numerasi dengan kategori rendah yang ditunjukkan melalui perolehan rhitung > rtabel atau nilai koefesien 0,555 > 0,190 pada taraf signifikansi 5% serta persamaan regresi Y = 26,908 + 0,603 X1 dengan presentase 30,8%, terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan numerasi dengan kategori rendah yang ditunjukkan melalui perolehan rhitung > rtabel atau nilai koefesien 0,232 > 0,190 pada taraf signifikansi 5% serta persamaan regresi Y = 5,120 + (- 0,282) X2 dengan presentase pengaruh 6,4%. Dan terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan numerasi dengan kategori rendah yang ditunjukkan melalui perolehan rhitung > rtabel atau nilai koefesien 0,233 > 0,190 pada taraf signifikansi 5% serta presentase regresi Y = 5,467 + (-0,301) X1 + (- 0,005) X2 dengan presentase pengaruh 5,4%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022