Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 2 (2022): Mei

Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa

Mechi Karima Kasipahu (Unknown)
Asrin (Unknown)
Abdul Kadir Jaelani (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan numerasi, (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan numerasi, dan (3) mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan numerasi pada siswa kelas V SDN Gugus 5 Desa Setiling Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus 5 Desa Setiling yang berjumlah 141 orang dan sampel penelitian berjumlah 104 siswa. Data kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan instrument berebntuk kuesioner (angket). Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan numerasi dengan kategori rendah yang ditunjukkan melalui perolehan rhitung > rtabel atau nilai koefesien 0,555 > 0,190 pada taraf signifikansi 5% serta persamaan regresi Y = 26,908 + 0,603 X1 dengan presentase 30,8%, terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan numerasi dengan kategori rendah yang ditunjukkan melalui perolehan rhitung > rtabel atau nilai koefesien 0,232 > 0,190 pada taraf signifikansi 5% serta persamaan regresi Y = 5,120 + (- 0,282) X2 dengan presentase pengaruh 6,4%. Dan terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan numerasi dengan kategori rendah yang ditunjukkan melalui perolehan rhitung > rtabel atau nilai koefesien 0,233 > 0,190 pada taraf signifikansi 5% serta presentase regresi Y = 5,467 + (-0,301) X1 + (- 0,005) X2 dengan presentase pengaruh 5,4%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...