Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 2 (2022): Mei

Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Discovery untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik Sains

Fitria Rizki Mulya (Unknown)
Joni Rokhmat (Unknown)
Agus Ramdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model discovery yang valid. Penelitian ini hanya menggunakan 3 langkah dari model 4D yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Objek penelitian ini adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan peserta didik, dan instrument tes yang divalidasi oleh 3 orang validator. Data dalam penelitian adalah data primer dari hasil validitas. Hasil validitaas silabus, RPP, LKPD, dan instrument tes penguasaan konsep masing-masing sebesar 0.85; 0.80; 0.83; dan 0.91 sehingga termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil validitas instrument tes keterampilan generik sains sebesar 0.79 sehingga teramasuk dalam kategori valid. Hasil persentase kesepakatan antar validator pada silabus, RPP LKPD, instrument test penguasaan konsep dan keterampilan generik sains lebih dari 80% sehingga termasuk dalam kategori reliable. Dengan demikian perangkat pembelajaran fisika model discovery yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...