Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education

Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an pada Siswa Sekolah Dasar

Aldiansyah Siregar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Anju Mayang Chairunnisa (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Muhammad Syaifullah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nova Purnama Sari Br. Sitepu (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nur Atika Shofia Herman (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Strategi merupakan acuan terpenting yang dipegang para guru untuk menggapa sesuatu yang diharapkan dalam sebuah proses pendidikan formal ataupun nonformal. Setiap orang yang beragama Islam, harus bisa membaca Al-Qur’an secara baik dan benar sesuai kaidah tajwid. Al-Qur’an merupakan sebuah kitab yang dianjurkan untuk selalu dibaca. Membacanya akan dinilai oleh Allah SWT sebagai suatu ibadah. Pahala yang diberikan dihitung mempelajari Al-Qur’an itu sebenarnya bukan hal yang terlalu sulit asal ada kemauan dan usaha mempelajarinya. Allah sudah menjamin kemudahannya bagi umat yang mau mempelajari Al-Qur’an adalah mampu dalam membaca dan menulis Al-Qur’an, jadi peningkatannya tentu mnejadi tuntutan dan kebutuhan utama. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana aktualisasi strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an guna meningkatkan pemahaman tentang Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik studi pustaka. Dengan tujuan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam sebagai manusia yang memiliki iman dan takwa serta akhlak mulia dan membentuk cinta Al-Qur’an.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...