Mata pelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak disenangi oleh siswa, dengan alasan fisika itu susah, sulit dimengerti, membosankan dan berbagai macam asumsi yang muncul tentang mata pelajaran fisika. Untuk dapat mengatasi hal ini, maka seorang guru harus bisa menggunakan model maupun metode pembelajaran yang dapat menarik minat para siswa untuk belajar Fisika. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah melaksanakan praktikum untuk materi-materi yang mengharuskan praktikum. Namun, dalam melakukan praktikum, masih banyak guru yang kurang berpengalaman. Untuk mengatasi hal tersebut, tim pengabdian kepada masyarakat Program Studi Pendidikan Fisika mencoba melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan praktikum bagi guru fisika SMA di Kabupaten Bireuen dalam melakukan praktikum terkait materi fisika. Kegiatan ini dilakukan agar guru fisika lebih kreatif dalam menjelaskan materi fisika melalui praktikum. Dalam kegiatan ini, tim juga menjelaskan banyak hal-hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan praktikum. Seperti menentukan tujuan praktikum, mempersiapkan alat yang akan digunakan menyusun langkah-langkah yang akan dilaksanakan dalam praktikum, menyediakan LKPD, membimbing siswa bagaimana melakukan praktikum yang baik, menyajikan data dan membuat kesimpulan hasil praktikum. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini menggunakan guru SMA di lingkungan Kabupaten Bireuen sebagai subjek pengabdian. Dalam mengikuti kegiatan ini, guru terlihat antusias dan bersemangat dalam melakukan kegiatan praktikum. Selain itu, guru sudah lebih terampil dalam menyusun dan mengembangkan LKPD yang nantinya bisa digunakan dalam pembelajaran fisika
Copyrights © 2022