Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 8 No. 1 (2022): Volume 8 Nomor 01, Juni 2022

PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SD NEGERI 70 LAMURUKUNG KECAMATAN TELLU SIATTINGE KABUPATEN BONE: INDONESIA

Irna Irna (Universitas Negeri Makassar)
Muliadi Muliadi (Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar)
Sudarto Sudarto (Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui gambaran persepsi guru terhadap implementasi kurikulum 2013, adapun Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru kelas di SDNegeri70Lamurkung sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, persepsi guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri 70 Lamurukung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone sudah diterapkan pada tahun 2017 tetapi dalam penerapannya masih ada kendala; kedua, problematika guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri 70 Lamurukung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone masih memiliki hambatan penerapan pelaksanaan kurikulum. Faktor penghambat dalam pelaksanaan kurikulum 2013 yaitu kesulitan dalam penilaian, dalam segi pengadministrasian dan dalam pembelajaran; ketiga, solusi problematika guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri 70 Lamurukung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone yaitu penerapan kurikulum 2013 membuat siswa sangat berperan aktif dalam pembelajaran, penyusunan silabus lebih mudah, penyusunan RPP menjadikan buku guru sebagai penunjang utama, penerapan metode pembelajaran mengantarkan siswa aktif dalam proses pembelajaran, penerapan model pembelajaran harus yang lebih menarik dan mengantarkan siswa aktif dalam proses pembelajaran, penerapan media pembelajaran diharuskan kreatif dalam membuat media pembelajaran, tujuan pembelajaran merupakan arah yang ingin dituju dalam pembelajaran dan pelaksanaan ujian semester disajikan berdasarkan tema.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...