Latar Belakang: Kepuasan pasien dianggap sebagai salah satu dimensi yang sangat penting berkualitas dan merupakan salah satu indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan yang merupakan akibat pengaruh pelayanan kesehatan yang disampaikan pihak rumah sakit dan hal inilah yang membuat pengukuran kepuasan pasien menjadi komponen penting. Menanyakan pendapat pasien tentang perhatian dan perawatan yang telah mereka dapatkan merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa pelayanan kesehatan telah memenuhi apa yang pasien butuhkan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Hubungan Jenis Kepesertaan Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Inap di Ruang Jasmine RS PMI Kota Bogor. Metode: Metode penelitian ini menggunakan metode Cross Sectional dengan menggunakan uji analisis Chi Square. Dan cara pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik Total Sampling dengan jumlah sempel 60 responden. Hasil: Hasil penelitian menunjukan total responden yang merasa sangat puas sebanyak 22 responden (11,3%) merasa sangat puas pada jenis kepesertaan umum terhadap pelayanan rawat inap yang diterima. Diperoleh p value = 0,000 dengan nilai signifikan < 0,05. Kesimpulan: Ada hubungan antara jenis kepesertaan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan rawat inap di ruang Jasmine RS PMI Kota Bogor. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi RS PMI Kota Bogor untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.
Copyrights © 2022