Pendidikan jasmani adaptif merupakan bagian dari pendidikan secara umum sebagai salah satu bentuk dari pendidikan secara keseluruhan yang memiliki tujuan untuk mengasah potensi diri siswa yang berkebutuhan khusus dalam mencapai tujuan pendidikan melalui aktivitas gerak fisik. Masa pandemi yang berkepanjangan ini membuat guru pendidikan jasmani adaptif di sekolah luar biasa juga harus mampu menyesuaikan diri dengan cepat. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis secara langsung pembelajaran pendidikan jasmani adaptif yang dilaksanakan oleh guru pendidikan jasmani selama masa pandemi di Sekolah Luar Biasa. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di 10 Sekolah Luar Biasa yang berda di Provinsi Jawa Tengah. Instrumen yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan data collection, data reduction, data display, dan conclusion data. Hasil dari penelitian ini adalah semua sekolah luar biasa telah menggunakan metode pemebelajaran daring. Semua guru mampu beradaptasi dengan cepat pada masa pandemi covid 19. Sehingga semua siswa tetap mendapatkan pembelajaran walaupun mereka berada di rumah masing-masing.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022