Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022

INOVASI PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI ASAM BASA MELALUIMODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING




Article Info

Publish Date
17 May 2022

Abstract

Kegiatan pembelajaran kimia di SMA Negeri 2 Tegal khususnya kelas XI MIPA 5 sampai saat ini belum menampakkan suasana yang hidup. Tampak sekali motivasi belajar peserta didik masih rendah. Rendahnya motivasi belajar peserta didik dapat diketahui setelah dilakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian untuk Meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi asam basa melalui penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL). Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I sebagai langkah awal pengamatan dan pengumpulan data serta siklus II melakukan penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik penilaian tes tertulis dan non tes berupa penilaian unjuk kerja. Untuk alat pengumpulan data menggunakan butir soal dalam bentuk uraian singkat, lembar observasi dan angket persepsi peserta didik terhadap proses pembelajaran. Dari rata-rata nilai kompetensi nilai pra siklus ke siklus 1 terjadi peningkatan rata-rata sebesar 7,44 % sedangkan untuk peningkatan rata-rata nilai siklus 1 ke siklus 2 sebesar 19,94 %. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran kompetensi asam basa pada peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...