Dalam kata pengantar Buku Guru Bahasa Inggris kelas XI SMA/SMK yang diterbitkan oleh Depdiknas (2014) dinyatakan bahwa Kurikulum 2013 dirancang untuk menyongsong model pembelajaran abad 21. Di dalamnya terdapat pergeseran pembelajaran dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu dari berbagai sumber belajar melampaui batas pendidik dan satuan pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model role playing, seberapa besar peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar materi Taking Simple Phone Message dengan menggunakan model role playing bagi siswa kelas XI OTKP 2 SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal semester gasal tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan 2 sumber data, yaitu sumber data primer dan sekunder.Berhubung tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara mengobservasi siswa, dokumentasi dan menilai hasil belajar siswa maka alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, hasil-hasil dokumentasi dan hasil tes siswa. Analisis data dalam penelitian tindakan adalah refleksi tindakan yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa selama berlangsung proses pembelajaran pada siklus I dan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran role playing, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa ke arah positif. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat dijadikan referensi dalam membuat artikel ilmiah.
Copyrights © 2022