Teknik Geomatika merupakan kompetensi keahlian yang melaksanakan serangkaian kegiatan belajar yang meliputi berbagai mata pelajaran keteknikan salah satuanya mata pelajaran Menggambar Dasar Perangkat Lunak karena menjadi dasar yang mendukung mata pelajaran produktif lainnya. Pendekatan kompetensi mempersyaratkan penggunaan e-modul dalam pelaksanaan pembelajarannya. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan e-Modul pembelajaran Autocad; 2) Menganalisis kelayakan e-Modul pembelajaran Autocad; dan 3) Menganalisis kepraktisan e-Modul pembelajaran Autocad untuk meningkatkan kompetensi menggambar dasar perangkat lunak pada siswa SMK kompetensi keahlian Teknik Geomatika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Analisis validasi kelayakan dan kepraktisan menggunakan metode intraclass correlation Coefficients berbantuan software SPSS v.25. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, e-Modul yang dikembangkan sangat layak, sangat praktis dan sangat efektif untuk meningkatkan kompetensi praktik menggambar dasar perangkat lunak pada siswa SMK program keahlian teknik geomatika.
Copyrights © 2022